Apa yang terbayang di benak kalian saat membaca judul diatas? Pasti makanan, ya khan!
Beberapa hari lalu, saya diberi kesempatan mengisi
up-grading guru
Ada 30 guru jenjang TK dan SD yang
ikut
Waktu yang diberikan hanya satu jam
Ketua Yayasan menginginkan, setelah
up grading semua guru bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran di
masing-masing jenjang sekolah.
And then … Show must begin
Saya bagi waktu yang tersedia untuk
empat aktifitas;
Pertama, persiapan untuk mengkondisikan
peserta dengan yel-yel, salam motovasi dan pembentukan kelompok
Kedua, aktifitas kelompok untuk meng-konstruksi
konsep tema tertentu dengan cara mind mapping. Secara singkat saya memberikan
penjelasan dan contoh mind mapping
Ketiga, presentasi, eksplorasi (tanya
jawab dan diskusi). Salah satu anggota kelompok ditunjuk untuk menjadi
presenter yang mempresentasikan konsep yang dirumuskan dalam kelompok tadi. Sementara
anggota kelompok yang lain disebar ke kelompok lain untuk mengetahui konsep
yang dihasilkan kelompok lain dengan cara tanya jawab dan diskusi
Keempat, evaluasi dan refleksi. Evaluasi
dilakukan dengan menuliskan konsep yang telah di eksplorasi dengan Teknik penulisan
bebas. Sedangkan refleksi dilakukan dengan cara pernyataan lisan perwakilan
kelompok tentang apa yang dipelajari dari kegiatan tadi.
Finally…
“Satu kata untuk kegiatan tadi. Keren.
Dengan singkat semua bisa aktif dan menemukan sebuah konsep. Sebuah metode
belajar yang recommended untuk diterapkan”, kata salah satu guru TK
“Baru kali ini saya ikut pelatihan
yang dalam waktu pendek bisa mudah memahami konsep yang dihasilkan. Mantap”,
kata guru lainnya.
Selezat gado-gado, gabungan dari
metode avtive learning, mind mapping, presentasi, diskusi, menulis feature, dan
refleksi sangat menggairahkan dan mencerahkan pikiran.
Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar