Rabu, 13 November 2024

Gado-gado

Apa yang terbayang di benak kalian saat membaca judul diatas? Pasti makanan, ya khan!

 

Beberapa hari lalu, saya diberi kesempatan mengisi up-grading guru

Ada 30 guru jenjang TK dan SD yang ikut

Waktu yang diberikan hanya satu jam

Ketua Yayasan menginginkan, setelah up grading semua guru bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran di masing-masing jenjang sekolah.



And then … Show must begin

Saya bagi waktu yang tersedia untuk empat aktifitas;

Pertama, persiapan untuk mengkondisikan peserta dengan yel-yel, salam motovasi dan pembentukan kelompok

Kedua, aktifitas kelompok untuk meng-konstruksi konsep tema tertentu dengan cara mind mapping. Secara singkat saya memberikan penjelasan dan contoh mind mapping

Ketiga, presentasi, eksplorasi (tanya jawab dan diskusi). Salah satu anggota kelompok ditunjuk untuk menjadi presenter yang mempresentasikan konsep yang dirumuskan dalam kelompok tadi. Sementara anggota kelompok yang lain disebar ke kelompok lain untuk mengetahui konsep yang dihasilkan kelompok lain dengan cara tanya jawab dan diskusi

Keempat, evaluasi dan refleksi. Evaluasi dilakukan dengan menuliskan konsep yang telah di eksplorasi dengan Teknik penulisan bebas. Sedangkan refleksi dilakukan dengan cara pernyataan lisan perwakilan kelompok tentang apa yang dipelajari dari kegiatan tadi.




Finally…

“Satu kata untuk kegiatan tadi. Keren. Dengan singkat semua bisa aktif dan menemukan sebuah konsep. Sebuah metode belajar yang recommended untuk diterapkan”, kata salah satu guru TK

“Baru kali ini saya ikut pelatihan yang dalam waktu pendek bisa mudah memahami konsep yang dihasilkan. Mantap”, kata guru lainnya.

Selezat gado-gado, gabungan dari metode avtive learning, mind mapping, presentasi, diskusi, menulis feature, dan refleksi sangat menggairahkan dan mencerahkan pikiran.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar