Proyek
P5 ‘Budidaya Lele’
Di
semester gasal tahun ini siswa kelas VI SD Juara Semarang bersepakat melakukan
budidaya lele sebagai kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar
pancasila (P5).
Sebelumnya
siswa melakukan analisa potensi yang ada di lingkungan sekolah. Maka diperoleh
ada kolam ikan yang tidak terpakai. Akhirnya disepakati proyek budidaya ikan
dengan memanfaatkan kolam ikan yang tidak terpakai di belakang sekolah.
Langkah
berikutnya adalah menentukan ikan yang akan dipelihara. Siswa melakukan studi
literature mencari ikan yang cocok dengan kondisi lingkungan sekolah. Beberapa
siswa melakukan presentasi kelebihan kekurangan ikan. Dari hasil diskusi
disepakati untuk budidaya ikan lele.
Kolam
pun disiapkan, dibersihkan dan diisi air untuk mengkondisikan siap digunakan
budidaya ikan.
Ada orangtua
siswa yang bersedia menyumbangkan bibit ikan sehingga tidak perlu membeli. Bahkan
lengkap dengan pakan nya. Bibit ikan lele yang ditebar sebanyak 95 ekor.
Untuk
melakukan perawatan ikan berupa pemberian makan dan mengontrol kolam dilakukan
siswa sesuai jadwal tugas piket harian. Begitupun untuk penggantian air atau
pengurasan kolam.
Untuk
menambah stok pakan siswa sepakat untuk memberikan donasi atau sumbangan
sukarela diantara mereka.
Setiap
dua pekan sekali bersamaan dengan penggantian air, siswa melakukan penghitungan
ulang jumlah ikan dan pengukuran panjang badan ikan untuk menganalisa apa yang
perlu dilakukan kemudian.
Untuk
mengamankan kolam dari gangguan factor luar maka siswa sepakat membuat penutup
kolam dan juga membuat poster peringatan.
Penutup
kolam dibuat dari bahan bambu bekas yang dirangkai.
Setelah
tiga bulan berjalan, tibalah masa panen.
Panen
dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun sekolah.
Semua
siswa terlibat aktif dalam pengolahan ikan lele. Ada yang bertugas memanen,
menyembelih, membersihkan, dan menggoreng. Siswa putri ditugasi untuk
menyiapkan bumbu lele goreng dan melakukan pengorengan.
Hasil
olahan ikan lele dibagi ke semua siswa SD Juara Semarang. Hasil proyek kelas VI
bisa dinikmati oleh semua warga sekolah termasuk bapak ibu guru.
Banyak
pelajaran yang bisa diperoleh siswa selama proses budidaya lele, diantaranya;
ketrampilan melakukan analisa, ketrampilan menggali ide dan menyampaikannya
dengan presentasi, ketrampilan gotong royong atau kerjasama, dan kemampuan
teknis memelihara ikan lele. Semua pelajaran tersebut menjadi sarana menguatkan
profil pelajar pancasila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar