Rabu, 06 Juli 2022

Membuat Termos

Pembelajaran asyik, Membuat Termos


Dalam rangka untuk memahami peristiwa perpindahan panas siswa kelas 5 SD Juara Semarang diajak gurunya untuk membuat Termos.




Secara langsung siswa mengalami dan merasakan bagaimana pembuatan termos dan bagaimana peristiwa perpindahan panas yang terjadi pada termos.

Ada beberapa tahapan yang dilalui siswa dalam pembuatan termos. Pertama, siswa membuat rancang desain termos yang akan dibuat secara berkelompok. Kedua, siswa menentukan bahan-bahan yang akan digunakan. Ketiga, siswa membuat termos sesuai rancangan dengan menggunakan bahan yang sudah disiapkan. Keempat, siswa melakukan uji coba termos yang sudah dibuat untuk mengetahui tingkat keberhasilan. Kelima, siswa melakukan analisa dan membuat kesimpulan dari termos yang dibuat.




Saat pelaksanaan kemarin, siswa kelas 5 dibagi menjadi tiga kelompok. Sehingga ada tiga termos yang berhasil dibuat. Setelah dilakukan analisa setelah uji coba maka siswa mendapatkan kesimpulan mana termos yang paling mendekati ideal.




Dari kegiatan membuat termos ada banyak pelajaran yang didapatkan oleh siswa. Tidak hanya mereka mengalami langsung bagaimana peristiwa perpindahan panas, tetapi mereka mendapatkan pengalaman mendesai atau merancang, membuat termos, dan juga melakukan analisa produk. Yang pasti hal tersebut menjadi pengalaman pembelajaran asyik yang akan terkenang selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar